SALAM MARIA PENUH RAHMAT, TUHAN SERTAMU. TERPUJILAH ENGKAU DI ANTARA WANITA, DAN TERPUJILAH BUAH TUBUHMU YESUS. SANTA MARIA BUNDA ALLAH, DOAKANLAH KAMI ORANG YANG BERDOSA INI, SEKARANG DAN WAKTU KAMI MATI. AMIN.

INSTALASI USKUP AGUNG MEDAN

Hari Minggu 22 Februari 2009 merupakan hari bersejarah bagi Gereja Keuskupan Agung Medan, karena paa hari itu diadakan Instalasi Uskup Agung yang baru: penyerahan tongkat penggembalaan dari Mgr. A.G.Pius Datubara kepada Mgr. Anicetus B. Sinaga.

Pelayanan dan Pastoral (Umat Nias)

Pada hari Kamis - Jumat 26 s/d 27 November 2009, Pastor Anton bersama bapak S. Barasa, bapak T. Manao, Suster Margareta KSSY, Siprianus Manao dan Andre berkunjung ke stasi Panuntungan.

HIDUP BERMAKNA : BERBAGI BEKRAT

Apapun pemikiran orang, yang pasti adalah bahwa hidup yang bermakna dan menjadikan seseorang itu bahagia adalah bila seseorang itu bersyukur atas hidupnya sebagia karunia yang besar dari Tuhan.

NATAL MUDIKA 2009: SUKSES

UCAPAN TERIMA KASIH KARENA NATAL MUDIKA 2009 'BERTABUR BINTANG' BERJALAN DENGAN SANGAT BAIK.

PAROKI: SEJARAH KATOLIK DI DAIRI

MISI KATOLIK DI DAIRI (SEJARAH SINGKAT PAROKI SIDIKALANG).

PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK STASI SANTO PETRUS – LAE TARONDI PAKPAK BHARAT

Berdirinya Gereja Katolik di Salak ibukota Kabupaten Pakpak Bharat berawal dari kesepakatan lima keluarga umat Katolik yang ada saat itu.

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Minggu 12 Juli 2009
Am 7:12-15; Mzm 85:9ab,10,11-12,13-14; Ef 1:3-14 (Ef 1:3-10); Mrk 6:7-13

“Dung i dijou ma na sampuludua i jumonok, dipungka ma marsuru nasida marduadua, dilehon ma tu nasida huaso mamaksa angka tondi na hodar!”
(Mrk 6:7)

Ra hea do hita tonton di TV iklan kampanye ni Presiden SBY di tingki laho mancalonhon muse ibana. Di iklan i dipataridahon angka jolma na mamuji pamarenta nuaeng on ima SBY jala di si didok joma i, “Mauliate ma di pamarenta nuaeng on alana 3 hali turun arga ni minyak, biaya singkola gabe mura …” Alai didok si SBY alusna, “Unang dok hamu songon i, gariada ahu do mandok mauliate tu angka rakyat, alana sude i ndang alani gogonghu, alai alana perjuangan dohot kerja keras ni angka rakyat do i.”
Tung mansai bagak iklan on, ima alus ni si SBY. Toho manang daong aha nadidok nai sian ias ni rohana, ba urusanna mai. Alai nalaho hita dok, tung mansai andul alusnai dohot angka na masa di nuaeng on, ima tung mansai godang jolma i pabangga-bangga manang paburnang-burnang na binahenna. Angka nabinahennai didok holan alani haburjuon, hamaloonna sambing do, gariada didok anggo so alani ibana i, sudenai ndang boi mardalan. On ma goarna ginjang ni roha.
Alai didok Jesus tu siseanNa suang songoni tu hita, molo hita ulaon angka na denggan, nauli dohot ulaon pararathon Harajaon ni Debata, unang ma laho mangalului sangap di hita, alai sai hita ulahon mai laho mamuji jala pasangaphon Debata. Unang hita haginjanghon bahwa sudenai i hita ulaon holan alani hita sandiri. Unang ma songoni hita, alai ingkon tongtong marunduk ni roha hita, bahwa sudenai boi hita ulaon holan alani holong dohot pangurupion ni Debata tu hita. Sai tongtong ma hita marunduk ni roha, manat hita, unang gabe tubu ginjang ni roha di hita. Amin.

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Sabtu 11 Juli 2009
Kej 49:29-32;50:51-26a ; Mat 10:24-33

“Unang pola mabiar hamu mida angka na mambunu daging, angka na so tuk mambunu tondi!” (Mat 10:28)

Godang do jolma di nuaeng on na tung mansai marsak alani boratni parngoluan nuaeng on. Jotjot do sungkun-sungkun roha ni angka dongan, “Tolap do ahu laho mangadopi borat ni ngolu nuaeng on? Jala on do gabe ninna, “Tarhona laho manghatindanghon haporseaon dohot gabe pararat barita Harajaon ni Debata, ai holan laho mangolu sambing pe tung mansai borat.” Olo do borat ni ngolu nadiadopi gabe sidalian laho ndang mangulahon saluhutnai.
Alai parrohahon hita jala tahaporseai ma hata ni Tuhan sadari on. Ai didok Jesus i do tu hita, na tunga mansai arga do hita di Ibana, ummarga jolma i sian saluhut naung dijadihon Debata, didok muse tung mansai tangkas do ditanda jala diboto Ibana hita, ndang adong na dao sian pamotoanNa. Alana tung mansai arga hita di Ibana, tontu ndang pasombuonNa hita mago alani borat ni parngoluan, alai porseama hita na sai uruponNa do hita. On do na hurang hita haporseai. Sai jot-jot do hita holan mangau tu gogonta sandiri, nunga hurang porsea hita na adong do Debata parhuaso dohot parholong roha na mandongani hita di parngoluonta sigabup ari. Parsoalanna, ‘Barane do hita porsea, mangihuthon hataNa jala marposniroha tu Jesus? Porsea ma hita, ai molo holan mangau tu gogonta sambing do laho mangadopi ngolu on, ndang na tolap hita, alai molo raphon Debata hita, sai na tolap do hita mangadopi jala manaluhon angka na borat na olo ro tu ganup ngolunta.



RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Jumat 10 Juli 2009
Kej 46:1-7,28-30 ; Mat 10:16-23

“Husuru do hamu songon birubiru tu tongatonga ni angka babiat; dibahen i pantas ma hamu marroha songon ulok, huhut lidang ma rohamuna songon darapati!” (Mat 10:16)

Hata Jesus di Barita Nauli sadari on, manorushon aha naung didok Jesus tu angka siseanNa di ari naung salpu. Di ari nantoari disuru Jesus do angka sisean i laho mambaritahon Harajaon ni Debata. Di sadari on dipatangkas Jesus do aha na pasti diadopi na sida di tingki mangulahon tohonan i, ima sai na ro do angka ambat-ambat. Alai dipapos Jesus do rohana nasida, asa unang pola mabiar di saluhutna i, ai nasai urupanNa do nasida.
Suang songoni do muse di hita rodi nuaeng. Tung mansai borat do mangolu di bagasan haporseaon, sai jotjot do ro angka pangunjunan dohot angka ambat-ambat. Alai songon na didok ni Jesus, unang pola mabiar hita di si, unang ambat-ambat dohot pangunjunan i mambahen hita gabe ndang mamparngoluhon haporseaonta dohot mangulahon tohonan naung dilehon tu hita, ima na parsidohot do pararthon Barita Nauli. Alana tangkas do didok Jesus, sai na urupanNa do hita, gariada didok, asa unang pola hita holsoan mamingkirhon aha nalaho sidohononta, ai sai na mangula do Tondi Porbadia laho mangurupi hita. Lapatanna, molo tutu hitaulahon saluhutnai, sai na urupanni Debata do hita. Amin.

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Kamis 9 Juli 2009
Kej 44:18-21.23b-29;45:1-5 ; Mat 10:7-15

“Alai borhat ma hamu mamaritahon hata on: Nunga songgop harajaon banua ginjang i!” (Mat10:7)

Hata ni Jesus tu angka siseanNa, ima mersuru nasida asa gabe parbarita na mambaritahon harajaon ni Debata nunga jono, ai nunga ro Jesus Sipalua i tu portibi on. Barita on ingkon dipasahat angka sisean i tu saluhut jolma, jala asa lam godang jolma i boi manjalo harajaon ni Debata i. Di tingki Jesus marsuru nasida, dilehon Jesus do bohal di nasida, ima angka na porlu diulaon i. Alai tangkas ma didok Jesus tu nasida, saluhutna i, ingkon dipangke holan laho pararathon haporseaon tu Harajaon ni Debata naung ro tu portibi on, jala ingkon tontong iulahon i di bagasan unduk ni roha jala hot di tohonan tu Debata.
Tugas mambaritahon haroro ni harajaon ni Debata di portibi on marhite Jesus Kristus dipasahat Jesus do tu sude halak Kristen. Sude do hita manorushon nabinahen ni angka sisean na parjoolo i. Disuru Jesus do hita di portibi on laho mambaritahonsa. Aha ma na ingkon sibahenonta? Anggo tutu hita porsea Debata nuga ro tu tonga-tonganta, tontu hita pasahat mai tu angka dongan marhite angka ngolunta. Hita ulahon mai, jumolo marhite pambahenan angka na metemet, unang pola hita pintor marpingkir laho mangulahon angka na bolon, jala hita mulai mai jumolo di tonga-tonga ni rumatanggant be dohot dikarejonta be. Contoh na boi hita bahen: sai tongtong manghaholongi dongan na marsahit, napogos, ndang pasidingkhon angka dongan. HIta ulahon marhite ngolu na tongtong marhaposeaon jala marhaposan tu Debata, marroha pogos di adopan ni angka dongan, jala mamboan ankga silas niroha di ngolu siganup ari. Anggiat marhite ngolunta i, boi diida jala dihaporseai angka dongan bahwa na tutu do Harajaon ni Debatai nunga rot u tonga-tonga ni portibi on. Amin.


KARMEL DAN REGULA

Mengenal KARMEL lebih dalam lewat Perayaan Syukur 800 Tahun Regula Karmel di Sidikalang, 29 Juni – 1 Juli 2009


INOBSEQUI JESU CHRISTI
(Cita-cita Mengikuti Yesus Kristus)


Sudah hampir setengah abad Ordo Karmel berkarya di Keuskupan Agung Medan. Sampai sekarang delapan paroki KAM dilayani oleh pastor-pastor Karmel, yaitu Sidikalang, Sumbul, Parongil, Tigalingga, Pasar Merah, Perdagangan, Tanjungbalai, dan Kisaran. Dalam sepanjang sejarah, banyak orang yang menghidupi dan menghayati spiritualitas Karmel, beberapa menjadi Santo dan Santa yang terkenal dalam Gereja, seperti, Yohanes dari Salib, Theresia dari Avila, Theresia dari Lisieux, dan yang lainnya. Kendati demikian, tentu masih banyak orang belum mengenal Ordo yang sudah tua ini. Orang bisa mengajukan pertanyaan, misalnya: Siapakah pendiri Ordo Karmel? Apa yang menjadi kekhasan Karmel? Bagaimana semangat (spiritualitas) Karmel itu dihidupi? Berikut paparannya sebagaimana ditampilkan dalam operet yang dibawakan oleh Muda-mudi dari Paroki Pasar Merah dan Perdagangan pada Perayaan Syukur 800 tahun Regula Karmel dipadu dengan Carmel Cup di Sidikalang 29Juni-1Juli 2009.

Dari Berperang Melawan Sesama Ke Berperang Melawan Setan

Pada abad ke-12 dan ke-13 banyak orang menyeberang dari Eropa ke Tanah Suci, di mana Yesus sendiri pernah hidup dan wafat di situ, dan tanah itu dianggap milik Tuhan. Mereka mau merebut tanah suci kembali dari tangan orang Sarasin dengan jalan peperangan.
Sebagian orang yang menyeberang ke Tanah Suci itu insyaf bahwa kekerasan bukanlah senjata yang tepat untuk mendirikan Kerajaan Allah di dunia ini. Mereka berpikir bahwa peperangan memaksa orang untuk berbuat kasar dan kejam. Mereka melihat bahwa keinginan merebut kembali kekuasaan atas tanah suci demi Kristus, sering diliputi oleh hati yang dikuasai oleh musuh Tuhan, yaitu setan. Oleh karena itu, memerangi setan di hati jauh lebih baik daripada merebut kekuasaan atas orang lain Dengan menggunakan senjata Allah lebih baik daripada menggunakan kekerasan perang.


Di antara prajurit dan peziarah itu ada yang mencari kesunyian di tempat-tempat yang dikenang karena kehadiran Tuhan, atau karena karya-karya para nabi. Ada yang mencari kesunyian di Gunung Karmel, yang dikenal sebagai tempat tinggal Nabi Elia. Lambat laun jumlah orang yang bertapa di gunung ini semakin banyak dan semakin mendesak pula sebuah pedoman hidup sebagai pengikat bagi mereka. Untuk itulah St. Albertus, Patriarkh Yerusalem sekitar tahun 1207 menulis Formula Vitae (Pedoman Hidup) bagi para pertapa di Gunung Karmel atas permintaan mereka sendiri. Inilah yang biasa disebut sebagai Regula Karmel, yang kelak disempurnakan secara redaksional dan disahkan oleh Paus Innocentius IV dengan bulla Quae Honorem Conditioris pada 1 Oktober 1247.

Sejarawan Gereja, Yakobus dari Vitry, pernah mengunjungi Gunung Karmel pada tahun 1237 menuliskan:

“Dari pelbagai penjuru dunia, dari setiap suku, bahasa dan bangsa di bawah langit datanglah para peziarah yang saleh membanjiri Tanah Suci. Mereka tertarik oleh suasana saleh dari tempat suci … Mereka meninggalkan keramaian dunia. Karena suka mengabdi kepada Tuhan, mereka memilih tempat tinggalnya sesuai dengan cita-cita dan hidup tapa mereka. Demikian pula ada orang yang mau mengikuti jejak dan teladan pertapa ternama, nabi Elia. Sebagai pertapa mereka hidup di pegunungan di atas kota Porphyria (= sekarang Haifa), di dekat sumber yang disebut Sumber Elia. Mereka hidup dalam kesunyian dan tinggal dalam pondok mereka masing-masing, bagaikan dalam sarang lebah di mana mereka mengumpulkan madu rohani yang manis, yang bersumber dari Allah sendiri”.

Mungkin sebagian dari para pertapa itu meninggalkan tanah airnya untuk berperang melawan sesama manusia. Tetapi akhirnya mereka merasa dipanggil untuk berperang melawan setan; pertama-tama di dalam hati mereka sendiri, dan akhirnya melawan setan di kancah dunia ini.

Menjadi Manusia Baru

Kesederhanaan dan kemiskinan injili merupakan trend hidup yang mewarnai setiap gerakan rohani pada zaman itu, sebagaimana yang dapat ditemukan dalam gerakan rohani yang dimotori oleh St. Fransiskus dari Assisi dan St. Dominikus. Hal yang sama ditemukan juga dalam pedoman hidup singkat yang disusun bagi para pertapa di Gunung Karmel. Selain itu, mereka mengutamakan kesunyian dan keheningan dalam hidup bertapa. Namun persaudaraan tetap memberikan warna tersendiri ke dalam hidup mereka. Sebagai saudara mereka menyelesaikan segala persoalan dengan musyawarah. Dalam musyawarah mereka memilih seorang pemimpin, membagi pondok-pondok tempat bersemuka dengan Tuhan, dan membahas apa yang menyangkut kepentingan mereka bersama serta kemajuan masing-masing. Bersama-sama mereka berdoa ibadat harian, merayakan Ekaristi, makan sambil mendengarkan bacaan. Bersama-sama pula mereka memiliki apa yang didermakan kepada mereka dan yang dibagikan oleh prior (pimpinan) kepada mereka menurut kebutuhan masing-masing ( bdk. Kis 2: 41-47 )
Mereka mencari tempat sunyi untuk melawan setan dalam hati mereka, dan berharap agar Tuhan sendirilah yang akan berkuasa di situ. Mereka ingin bertemu Tuhannya dengan cara merenungkan firman-Nya dan berdoa siang malam. Itulah manusia baru yang dicita-citakan. Keheningan dan kesunyian, pantang dan puasa, pekerjaan dan doa, semuanya harus menunjang hidup ini. Keheningan dan kesunyian membuat orang ingat akan Tuhan yang selalu hadir, mendorong orang untuk melihat dirinya dalam terang kekudusan Tuhan serta melihat di mana musuh bersarang dalam hatinya. Dalam kesunyian orang dikuatkan sehingga mau mengambil senjata iman, harapan dan cinta sampai memperoleh kemenangan.

Puasa dan pantang mempertajam penglihatan hati dan membantu orang merasakan kehausan dan kelaparan hatinya. Dengan pekerjaan tangan seseorang menjamin kebutuhan hidup yang sederhana dan dapat membantu saudaranya yang lebih miskin. Berkat pekerjaannya ia bersatu dengan sesamanya dan tidak mudah diganggu oleh setan dengan pikiran yang mengacau ( lih.1 Tes 5: 12 – 22 ).

Apa yang dahulu kala menunjang hidup para pertapa di padang gunung Mesir, menunjang juga para pertapa di gunung Karmel. Semakin banyak mereka membaca dan merenungkan Sabda Tuhan, semakin mudah mereka berdoa kepada-Nya. Dengan demikian mereka berubah menjadi manusia baru. Hati yang tadinya masih terbagi oleh pelbagai kecenderungan, sekarang hanya mengenal satu keinginan: mengabdi kepada Tuhan. Semua sarana ini diuraikan secara singkat oleh Santo Albertus dalam Formula Vitae: kesunyian tempat dan keheningan pondok, kerja tangan, saat-saat doa, musyawarah, puasa dan pantang, serta keutamaan hati yang dilambangkan dengan senjata rohani.

Menyeberangi Laut: Berkat Pertolongan Bunda Maria

Letak Gunung Karmel berhadapan dengan laut Mediteran (laut Tengah). Para pertapa yang tinggal di gunung itu ketika melihat ke laut, di mana awan naik, menurunkan hujan dan menyuburkan tanah di sekitar itu, teringat akan Nabi Elia yang melihat hal yang sama dalam Perjanjian Lama dan pada masa ini hal yang sama mereka lihat sebagai lambang Maria. Mereka mendirikan kapel di tengah-tengah pertapaan itu dan mendedikasikannya bagi Bunda Maria Perawan Murni yang mengandung dari Roh Kudus dan melahirkan Kristus. Maria menjadi pelindung bagi kapel itu di mana para pertapa merasa aman di bawah naungan dan perlindungannya. Para pertapa itu merasa bahwa mereka dimiliki dan dilindungi oleh Maria. Karmel pun berbakti dan mengikuti teladannya.

Sekitar tahun 1238 beberapa pertapa memutuskan untuk menyeberang laut dan kembali lagi ke Eropa akibat pelbagai tantangan pada masa peperangan yang mengancam itu. Setibanya di Eropa pola hidup kaum pertapa ini tidak serta merta diterima oleh masyarakat. Mereka berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kehidupan dalam kesederhanaan dan kemiskinan injili. Pada masa yang sama bermunculan berbagai lembaga religius dan menjadi hal yang wajar apabila seorang pertapa menjadi seorang pewarta. Dan memang pewartaanlah yang bisa menjamin terpenuhinya nafkah mereka dan dapat bertahan hidup dalam iklim Eropa yang sangat berbeda dari kehidupan sebelumnya di Gunung Karmel. Baru sekitar tahun 1300, Paus Bonifasius VIII mengakui dan mengesahkan Ordo ini sepenuhnya, seperti halnya Ordo Fransiskan, Dominikan dan Agustinian. Selama dalam perjalanan menyeberangi lautan ini, Bunda Maria telah melindungi mereka.
Situasi hidup yang baru di Eropa, yaitu sebagai kelompok pewarta Injil dengan tetap menjunjung tinggi cita-cita awali mengharuskan Kapitel Jenderal 1247 meminta kepada Paus Inosensius IV agar pedoman hidup ( Formula Vitae ) mereka “dilonggarkan” sesuai dengan keadaan baru. Bagaimanapun, pelonggaran ini berdampak bagi kelanjutan keseimbangan hidup kelompok ini. Orang meraba-raba batas antara keheningan pertapaan dan kebisingan kota, kesederhanaan Injil dan tuntutan pewartaan. Kendati demikian, Kapitel Jenderal tahun 1247 ini telah membuka pintu ke suatu masa depan yang baru.
Dalam rentang waktu seratus tahun, pertapaan kecil yang tersembunyi di Gunung Karmel sudah berkembang menjadi suatu Ordo. Mereka sudah mempunyai sekitar 150 biara dalam sepuluh provinsi. Meskipun ombak laut “mengamuk”, mereka berani menyeberang. Tidak saja menyeberang laut menuju daratan Eropa, tetapi juga ke suatu masa depan yang baru. Dalam perjalanan itu mereka merasakan perlindungan Bunda Maria. Menurut legenda, Santo Simon Stock, yang menjadi seorang Prior Jenderal pada abad ketiga belas, selalu memohon dan berharap pada Maria. Akhirnya Ordo Maria ini berlabuh dengan aman di tengah-tengah Ordo Mendicans (= para pengemis) lain dan siap untuk mewartakan Sabda Allah yang mereka renungkan siang malam di dalam kesunyian. Hubungan Maria dengan anak-anaknya itu diungkapkan dalam rupa skapulir suci sebagai tanda perlindungan dan sekaligus menjadi tanda kebaktian. Seluruh keluarga besar Karmel mengenangkan segala kebaikan Bunda Maria dengan penuh syukur pada Hari Raya Maria dari Gunung Karmel, pada tanggal 16 Juli.

Nabi Elia sebagai Pendiri?

Berbeda dengan ordo atau kongregasi lain, Ordo Karmel tidak mempunyai seorang pendiri. Dalam usaha mempertahankan hidup, Ordo ini makin menyadari peranan teladan Nabi Elia. Mereka mengangkat dan menganggap Nabi Elia dari Tisbe, seorang tokoh Perjanjian Lama yang dipanggil oleh Tuhan untuk menyelamatkan perjanjian umat dengan Allahnya, sebagai teladan utama mereka. Elia hidup di Gunung Karmel, bersemuka dengan Allah dan berjuang dengan gigih melawan segala berhala. Tradisi ini pun diwariskan juga kepada Ordo Karmel, yang merayakan pestanya pada tanggal 20 Juli. Hidup kontemplatif Karmel berilham pada nabi Elia. Elia juga giat bekerja untuk Allah. Nabi Elia sebagai fundator dan inspirator. Para Karmelit melihat juga di situ suatu petunjuk bagi karya kerasulan, khususnya terhadap orang-orang kecil yang hidup dalam kesengsaraan dan kemiskinan yang mulai mereka tangani di Eropa.



Familia Carmelitana (Keluarga Karmel) Indonesia

Karmel masuk ke Indonesia lewat perantaraan dua martir, Beato Dionysius dan Redemptus. Mereka tinggal di Goa, India. Dari sana mereka berlayar ke banyak tempat untuk mendampingi para saudagar. Pada tahun 1636, kedua misionaris ini menemukan ajalnya di Aceh karena kesetiaan pada keyakinan agamanya, pada pribadi Kristus.

Setelah kedua martir itu meninggal, pada tahun 1923 Karmel masuk kembali ke wilayah Indonesia memperkuat barisan pewartaan Injil di Jawa Timur. Mereka melayani umat dengan pusat misinya di kota Malang. Pada tahun 1965 sejumlah anggota Ordo ditugaskan untuk berkarya di Keuskupan Agung Medan dengan pusat pelayanan di daerah Dairi, Sidikalang. Kini Ordo Karmel telah berkarya di delapan paroki, yaitu
  1. Sidikalang,
  2. Sumbul,
  3. Parongil,
  4. Tigalingga,
  5. Perdagangan,
  6. Kisaran,
  7. Tanjung Balai,
  8. dan Pasar Merah (Medan)
Berikut daftar Keluarga Karmel yang tersebar di Indonesia
  1. Biarawan Ordo Karmel (O.Carm)

  2. Biarawati Kontemplatif Karmelites (O.Carm)
  3. Biarawan Ordo Carmelitarum Discalceatorum (OCD)
  4. Biarawati Ordo Carmelitarum Discalceatorum (OCD)
  5. Hermanas Carmelitas (H.Karm)
  6. Suster Carmelite Missionaries (CM)
  7. Suster Putri Karmel (P.Karm)
  8. Biarawan Carmelitae Sancti Eliae (CSE)
Banyak Kongregasi lain yang berafiliasi (bergabung) dengan Ordo Karmel. Selain itu, ada dari kalangan kaum awam yang menghayati spiritualitas Karmel, seperti:
  1. Saudara-Saudari Tertiae Carmelitarum (T.O.Carm)
  2. Saudara-Saudari Ordo Carmelitarum Discalceatorum Sekulir (OCDS)
  3. Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM)
  4. Saudara-Saudari Carmelite Missionary Secular (CMS)
Dari mana perayaan 800 tahun REGULA KARMEL ?

REGULA sebagai pedoman hidup bagi para kelompok Karmel diberikan oleh Uskup Albertus – Patriakh Yerusalem. Dalam pemberian Regula tersebut tidak diterakan tanggal dan tahun pasti, namun Ordo Karmel mengambil kepastian historis masa tugas Patriakh Yerusalem tersebut yaitu tahun 1207 – 1211. Santo Albertus wafat terbunuh di Yerusalem. Atas dasar masa tugas inilah Ordo Karmel diperkenankan merayakan 800 tahun antara tahun 2007 – 2011 sesuai dengan situasi masing-masing. Untuk Komisariat Karmel Sumatera merayakannya antara 29 Juni – 1 Juli 2009. Sedangkan di Malang sudah merayakannya pada tahun lalu

(Sorang Tumanggor, S.Ag, dari berbagai Sumber.)


PILPRES : PESTA RAKYAT???

PILPRES : PESTA RAKYAT???

Slogan ini selalu dikumandangkan sejak mulai pemilihan presiden juga pada pemilihan-pemilihan lain, entah itu pemilihan legislative atau pemilihan kepala daerah. Sebenarnya di mana letak keterlibatan rakyat, dalam arti bahwa rakyat menjadi peserta yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan tersebut? Sepertinya Slogan itu masih hanya merupakan ide yang masih hendak diupayakan.
Dalam coretan kecil ini, kami hanya bercerita saja sehubungan dengan apa yang dialami di daerah tempat kami berada. Memang bukan menjadi patokan umum, tapi bisa saja mungkin terjadi di tempat-tempat lain.

Rakyat sebagai Obyek atau Subyek?

Pertanyaan ini bisa menjadi suatu permenungan dari pengalaman yang tampak selama kampanye. Dalam setiap kampanya, juga kampanye Pilpres, pasti berkumandang slogan KEBERPIHAKAN TERHADAP RAKYAT DAN KAUM MISKIN. Semua calon pasti mempropagandakan hal ini. Tetapi apakah itu murni? Atau hanya sebagai slogan pemulus jalan untuk menuju dan meraih keinginan pribadi atau kelompok tertentu? Kadang terasa aneh mendengar atau membaca berita bahwa calon tertentu yang selama ini berada di gedung mewah, mengendarai kendaraan mewah dengan kaca reyben sampe 100%, belanja di mall-mall dan di luar negeri,, makan di restoran mewah, eh tiba-tiba nongol di tempat sampah, di pasar-pasar rakyat, di perkampungan kumuh. Mereka mempromosikan dirinya sebagai orang orang berpihak kepada rakyat, berjanji menjadi ‘pahlawan’ bagi rakyat apalagi kaum miskin. Tapi lucu juga rasanya karena mereka dating dengan kendaraan mewah, pakaian mewah dan perhiasan yang bisa membiaya makan satu kampung warga, apalagi ‘dikawal’ banyak orang yang wajahnya seram-seram atau diseram-seramkan atau dibuat seramah mungkin. Dalam hal ini sudah terasa ganjil, apalagi setelah itu. Nah apakah rakyat khususnya rakyat miskin itu sebagai OBYEK atau SUBYEK?

Rakyat itu Siapa Saja?

Dalam masa kampanye dan untuk memuluskan program-program, masing-masing calon berusaha mencari dan menerapkan strategi tebar pesona, misalnya dengan berkunjung langsung, ada yang lewat orang-orang suruhan (orang-orang bayaran, karena tentu mendapat bayaran dari apa yang dikerjakannya), dan ada pula yang lewat spanduk-spanduk yang harganya sebesar gaji sebulan seorang buruh tani. Yang namanya rakyat Indonesia yang diharapkan berpihak pada calon dan yang akan memuluskan jalan melangkah ke kursi empuk adalah semua warga Negara Indonesia yang berdiam di seluruh palosok tanah air Indonesia dan juga yang berdiam di luar negeri. Untuk itu, para calon ingin menyapa dan menyentuh mereka. Namun nayatanya, di Dairi tidak terlihat antusiasme rakyat. Apakah karena merasa bukan rakyat Indonesia dan bukan rakyat yang baik? Tentu tidak. Tetapi mungkin karena tidak disentuh, tidak disapa, entah itu lewat kampanye kelompok calon terntentu, maupun dengan sapnduk. Bahkan sepanduk yang ada juga bisa dihitung dengan jari tangah ditambah jari kaki he..he..Atau apakah mungkin karena rakyat di pedesaan, yang dalam hal ini jauh dari kota Jakarta, jauh dari kota besar tidak penting, dianggap tidak berperan penting bagi ‘kemenangan’? Wah kalau itu yang terjadi, bisa saja setelah seseorang itu menduduki kursi empuk, seseorang itu merasa bahwa dia bisa ‘menang’ karena daerah-daerah tertentu, sehingga hanya memperhatikan daerah tersebut dan tidak memperhatikan daerah lain. Padahal, apapun ceriteranya, semua warga Negara punya hak dan kewajiban yang sama.

Pilpres, Pesta Siapa???

Kalau dikatakan pesta rakyat, tentunya semua rakyat atau paling tidak hamper semua ikut ambil bagian dalam perhelatan tersebut. Namun bukan rahasia bahwa tidak sedikit warga Negara Indonesia yang tidak tahu, atau pura-pura tidak tahu atau tidak mau tahu bahwa tanggal 8 Juli 2009 adalah pemilihan Presidennya. Sepertinya Pemilihan Anggota Legislatif maupun kepala Daerahlah yang lebih dirasakan rakyat sebagai pesta Rakyat. Opini ini bisa muncul karena kenyataan dilapangan, ketika pemilihan calon legislative maupun kepala daerah, para calon ataupun para Tim Sukses bekerja keras dan aktif mengambil hati rakyat dengan berbagai cara dan TPS-TPS juga rame. Tapi kenyataan pada Pilpres sekarang, paling tidak di Dairi, terasa dingin-dingin saja: Tidak ada kampanye, tidak ada upaya mengambil simpati rakyat, TPS-TPS terasa sepi, apalagi hujan turun menjaidkan TPS-TPS dan suasana menjadi lebih dingin. Dari gambaran kecil ini, wajar orang bertanya: “Pilpres itu pesta siapa? Apakah memang Pesta Rakyat, atau pesta para calon dan orang-prangnya, atau para ‘orang-orang bayaran’ atau para anggota KPU atau orang lain selain rakyat dalam arti umum? Pasti tidak ada yang akan berani menjawabnya.

Jadilah Pemimpin Sejati: Dari, Bagi dan Untuk Rakyat Indonesia.

Dalam judul akhir coretan ini kami tekankan kata …rakyat Indonesia. Ini kiranya perlu, karena bisa saja para terpilih, entah siapapun itu, merasa bahwa dia hanya pemimpin orang-orang yang merasa memilih dia, padahal di pelosok-pelosok walaupun tidak disentuh pasti tetap ada dan banyak yang memilih dia. Juga penting karena bisa jadi yang menang dalam pengumpulan angka terbanyak dalam pemilihan tersebut meresa dia hanya pemimpin orang-orang tertentu, organisasi tertentu dan mungkin hanya daerah tertentu saja. Tetapi mudah-mudahan hal ini tidak sampai terjadi. Semoga.

Michael Jackson : Gambaran Tragedi Hidup Manusia

Michael Jackson : Gambaran Tragedi Hidup Manusia


Michael Joseph Jackson lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 –wafat di California, Los Angeles, Amerika Serikat, 25 Juni 2009 pada umur 50 tahun di Gary, Indiana, Amerika Serikat sebagai penyanyi Genre Pop, R&B, rock, soul. Dalam perjalanan hidupnya tentu telah banyak yang terjadi, semuanya menjadi bagian hidupnya. Dalam pengalaman hidupnya tersebut, ada yang menimbulkna decak kagum dari banyak orang, tetapi tidak sedikit pula yang tidak senang dari apa yang dia perbuat yang menjadi perjalanan hidupnya. Entah apa saja itu, tentu sudah banyak orang yang tahu,, kiranya hal tersebut tidak usah diungkit-ungkit lagi. Namun tentu kematiannya dan reaksi public yang seakan bersimpati kepada beliau patut kiranya menjadi suatu permenungan bersama ysng mana dari semuanya itu apa kiranya yang dapat kita petik sebagai refleksi bagi kehidupan kita.

Meraih Masa Depan yang Lebih Baik

Ada pandangan umum yang mengatakan bahwa masa depan yang lebih baik, ada di tangan kita. Anggapan ini benar, walau tentunya tidak spenuhnya benar. Hal ini kiranya yang dapat kita petik dalam perjalanan hidup almarhum, karena kita ketahui beliau berasal dari keluarga miskin, dididik dalam aturan yang keras oleh ayahnya, lahir ditempat yang terpencil dan lahir dalam ras yang terpnggirkan di Negaranya yakni kelompok kulit hitam yang seringkali dianggap warga kelas dua. Namun kehidupan yang demikian melahirkan niat besar dalam hati Michael Joseph Jackson meraih masa depan yang lebih baik untuk terlepas dari kemiskinan, ketertekanan dalam keluarga dan juga tentuya terlepas dari keterpinggiran oleh karena RAS. Akhirnya beliau berhasil dan dapat meraih opsesinya: Bakatnya menyanyi membuat dia populer dan menjadikannya kaya raya. Kekayaan yang dimilikinya tentu melepaskan dia dari kemiskinan ekonomi, dan tentunya berdampak dalam sikap orang tua kepadanya. Dengan kekayaan yang dia miliki, orang tua dan keluarga tentunya menjadi bersikap lembut kepadanya. Kekayaan tentunya membuat dia diterima dalam dunia public yang lebih luas. Dengan kekayaannya beliau mengubah bentuk wajah dan kulitnya. Semuanya dengan tujuan bukan hanya untuk penampilan di atas panggung, tetapi demi pengakuan dan penerimaan public yang masih banyak menganut paham bahwa kulit hitam dianggap warga kelas 2. Sehingga jelas bahwa niat hati, kemaun dan kerja keras sangat menentukan masa depan yang lebih baik. Namun perlu diingat selain dari upaya kita, juga merupakan karunia kasih Allah.

Hidup dalam Pencarian

Hidup merupakan suatu perjalanan dalam pencarian akan sesuatu yang menjadi dambaan setiap orang, yakni kebahagiaan hidup. Setiap orang pasti mendambakan kebahagiaan hidup. Persoalan yang sering muncul dalam pencarian kebahagiaan hidup ini adalah konsep kebahagiaan itu sendiri. Ada dan banyak orang menanggap bahwa kebahagiaan hidup itu akan diraih bila memiliki kekayaan yang berlimpah dan terkenal. Benarkah demikian? Kehidupan dan kematian Michael Joseph Jackson menjadi suatu jawaban yang menjadi suatu refleksi bagi kita. Beliau meraup dan memiliki kekayaan yang besar, terkenal, namun nyatanya di balik semuanya itu ada sisi ‘gelap’ dalam kehidupannya yang memprihatinkan. Bukan rahasia public bahwa selain keterkenalannya dalam bidang musik atau panggung hiburan, juga ada dan bahkan lebih dari sekali beliau tersandung dalam perbuatan criminal. Mengapa demikian? Mungkin jawaban yang dapat kita renungkan bahwa ternyata kekayaan dan popularitas belum memberikan kepadanya apa yang didambakan hatinya yang terdalam yakni KEBAHAGIAAN HIDUP. Nampaknya beliau belum menemukannya dan ini membuat beliau prustasi sehingga lari pada hal-hal yang tidak baik. Beliau kaya dalam hal harta, popularitas tetapi sangat miskin dalam kebahagiaan hidup dan kepribadian. Yah, mungkin saja orang menerima dia bukan karena pribadinya tetapi karena kekayaan dan popularitasnya. Beliau masih dalam pencarian dan dia sepertinya belum sepenuhnya menemukannya hingga ajalnya. Kekayaan dan popularitas tidak menjamin kebahagiaan hidup.

Kebahagiaan Hidup adalah Anugerah Allah

Orang sering bertanya, Apa itu kebahagiaan hidup? Di mana kita bisa mencari dan menemukan kebahagiaan hidup? Kebahagiaan hidup itu sebenarnya tidak perlu kita cari ke mana-mana, dia tidak jauh dari diri kita, dia sendiri dekat dengan kita bahkan ada dalam diri dan sekitar kita. Meskipun kehadirannya, keberadaannya yang harus kita temukan, karena dia laksana harta yang terpendam (bdk Mat 13:44). Orang sering tidak merasa bahagia karena tidak merasa puas dengan dirinya, dengan apa yang dimilikinya, sehingga menginginkan sesuatu yang dia rasa tidak ada dalam dirinya. Orang juga kadang merasa kurang bahagia dalam hidupnya dengan keberadaannya karena dia merasa hidup tetapi bukan dirinya atau dalam dirinya yang sebenarnya, tetapi lebih pada keinginan atau tuntutan situasi atau orang lain.
Kebahagiaan itu anugerah Allah. Tapi bukan dalam arti Allah menurunkannya begitu saja. Tetapi yang mau dimaksud adalah orang akan merasakan hidup bahagia bila seseorang bersyukur atas hidup yang dimilikinya, menyadari bahwa dia hidup karena Kasih Tuhan. Kasih Tuhan tidak hanya sekedar memberi seseorang hidup tetapi Tuhan juga memberi seseorang suatu kemampuan atau bakat yang dapat diagunakan untuk hidup. Anugerah bakat tersebut untuk masing-masing orang berbeda satu sama lain dan ini yang menjadikannya unik dibandingkan dengan orang lain. Dengan menyadari keunikan ini, tentu seseorang tidak perlu harus merubah diri dan penampilannya agar bisa merasa percaya diri dan agar merasa diterima orang lain. Kasih Tuhan juga harus disadari akan tetap menyertai seseorang dalam mengembangkan diri, yang memberi kekuatan dalam pengembangan ini. Dengan kesadaran ini, seseorang terdorong untuk menjadikan hidupnya bermakna bagi orang lain, karena menyadari bahwa semuanya bisa juga karena anugerah Tuhan. Maka, apak kebahagiaan hidup itu, mari kita renungkan dari uraian singkat ini.
Hidup dan Kematian Michael Joseph Jackson: Tragedi hidup manusia

Tragedi yang dimaksudkan adalah gambaran perjalan hidup manusia. Ketika belaiu mencapai sukses, dia dipuja puji banyak orang. Tetapi masa jayanya sempat terpendam, punya masa dan beberapa saat dalam kehidupannya, beliau seakan hilang dari permukaan dunia gemerlap panggung hiburan dan pada saat itu seakan dia dilupakan oleh yang dulu menjadi penggemarnya. Dalam ‘kesendiriannya’ tentu merasa dia kesepian, mungkin tidak bisa menerima masa-masa itu dan tidak bisa mengolahnya. Apalagi ketika ada perbuatannya yang sedikit tercela, dia semakin ditinggalkan penggemarnya. Sesudah dia meninggal dunia, orang kembali menunjukkan rasa simpati. Kita tidak tahu pasti mereka simpati dalam arti kehilangan sungguh-sungguh karena kematian beliau yang dianggap sudah banyak berbuat benar dan baik kepada hidup ini, atau hanya sekedar pamer kebaikan, rame-rame merasa ikut simpati? Atau apakah mereksa simpati karena kasihan dengan jalan dan akhir hidup beliau yang tragis? Atau hanya mencari popularitas? Ketika ada berita bahwa Michael Joseph Jackson meninggal, semua ingin memberi komentar dan menyatakan dirinya sebagai penggemar beliau. Wah ini juga kesempatan menjadi terkenal loh.
Kita juga heran, karena kematiannya seakan membuat semua dunia bersedih, seakan kehilangan tokoh dunia yang maha penting, mengalahkan orang-orang yang jauh lebih berbuat banyak bagi kehidupan daripada beliau, bahkan seakan ‘mengkultuskan’ beliau. Sepintas orang hanya pada taraf ‘kekaguman belaka’, tidak menjadikannya sebagai cerminan hidup. Namun apapun pandangan dan alasan orang lain rame-rame bersimpati setelah kematian beliau, itu urusan masing-masing orang, dan hak asasi orang. Tetapi kiranya perlu kita bermenung bersama. Ada beberapa hal yang menjadi permenungan kita:

1. Nyata dan pasti bahwa dalam perjalanan hidup manusia, manusia akan mengalami lahir, hidup berkembang, menghadapi penderitaan yang kadang silih berganti dengan suka cita, dan pada akhirnya berpuncak pada kematian. Hal ini pasti, tidak akan ada yang bisa menolak. Manusia tetap manusia dan ciptaan yang pasti akan mengalami kematian.

2. Nyata bahwa kebahagiaan hidup tidak pernah terpuaskan oleh yang sifatnya duniawi. Kebahagiaan itu ‘anugerah Tuhan’, dia tidak jauh dari kita, dia ada dalam diri dan sekitar kita. Bagaimana kita menggali dan mengenalinya? Inilah tugas yang membutuhkan permenungan.

3. Sepintas seringkali bahwa orang lebih menilai kekayaan, polularitas seseorang dengan tambahan kematian seseorang. Oleh karena itu, jangan kaget bila saat mengalami persoalan, para penggemar Anda hilang mengitu saja seakan tertelan kebisuan. Tetapi ketika Anda mati, semuanya ‘muncul’ kembali, padahal itu semuanya tidak Anda butuhkan lagi. Lebih tragis lagi, ada orang yang hendak mengawetkan jasad Michael Joseph Jackson. Tanpa sadar tindakan ini sama halnya mengabadikan dan mempublikasikan perjalanan hidup beliau yang tentu punya sisi terang dan sisi gelap. Sisi terang itu tentu membahagiakan keturunannya an keluarganya, tetapi sisi gelapnya tentu jadi persoalan tersendiri bagi kehidupan keturunannya dan keluarganya. Memang kadang jalan pikiran manusia itu membingungkan, sukar dipahami, dan kita bingung apa alasan diawetkan. Apa tidak lebih baik dia dimakamkan dalam ketenangan dan mendoakannya biar beliau hidup tenang di dunia sana?

4. Manusia nampaknya suka yang heboh-heboh, sehingga seakan-akan suka menciptakan kehebohan. Coba kita simak berita-berita yang muncul setelah kematian beliau, wah banyak sekali, bahkan ada yang buat kehebohan sehubungan dengan agama beliau. Loh kog setelah mati ini jadi dipersoalkan? Mungkin kalau seseorang yang semasa hidupnya adalah penjahat atau mafia besar, tentu orang tidak akan mempersoalkan agamanya apa dan dimakamkan dengan cara agama apa.

Masih banyak lagi yang bisa kita petik sebagai pelajaran dan permenungan.Semuanya tentu tiak mungkin dimuat disini karena tidak akan muat, bahkan juga mungkin akan membuat ada bosan, atau malah tersinggung karena merasa gak sesuai dengan pemikiran para saudara. Apapun tanggapan Anda, itu hak Anda. Tetapi ingat, hidup ini bukan milik kita sendiri, tetapi Dia yang memberi kita hidup. Sekian dulu.

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Rabu 8 Juli 2009
Kej 41:55-57 ; Mat 10:1-7

“Alai borhat ma hamu mamaritahon hata on: Nunga songgop harajaon banua ginjang i!” (Mat 10:7)

Molo hita begei taringot tu jou-jou gabe apostel, tontu hita langsung marpingkir tu na 12 apostel naung pinillit ni Debata, muse tontu langsung marpingkir hita tu angka parbiara. Molo didok dijou gabe apostel, ninna rohanta berarti angka parbiara mai. Jala sadarion di Barita Nauli, hita begei Jesus manjou 12 apostel jala marsuru nasida mambaritahon naung jonok harajaon ni Debata, tu nasida dilehon do huaso na porlu dinamangulahon ulaon nasidai.
Sasintongna, dungkon tardidi hita, tohonan na sarupa nunga dilehon tu hita. Sude do hita dijou jala disuru Jesus Kristus laho gabe apostel di parngoluanta siganup ari.Tugas gabe apotel ndang holan gabe ulaon ni angka malim manang angka parbiara, alai sude naung tardidi di bagasan Jesus Kristus. Di nalaho mangulahon tohonan i, nunga dilehon Debata tu hita huaso manang mandat marhite Tondi Porbadia. Alai songon na didok Jesus, ‘Unang hamu laho tu huta ni halak Samaria.” Halak Samaria, ima halak na dianggap ndang marhaporseaon tu Debata, alana ndang pinompar ni halak Jahudi nasida. Jadi boi do lapatan ni i, dinamangulahon tohonan gabe apostel i, unang majolo pintor marpingkir hita laho tu tu huta ni angka na so porsea dope tu Jesus, alai tohonan i hita ulahon majolo i di sekitar humaliang hita mangolu, rupani i di tonga ni rumatangganta. Ai jotjot do di tonga ni rumatangganta pe adong keluarganta na marsahit, ba hita parrohaon i. Alana jotjot do angka na marsahit i ndang holan manghirim di hamalum ni daging, alai holong dohot parrohaon ni dongan manang keluarga. Nuaeng on tung mansai godang do jolma na dirajai tondi-tondi na hodar, rupani i tondi holan manggalului arta, tondi na mamabahen jolma dirajai hepeng, holan mangauhon sangkapna sambing. On ma deba na ingkon hita parrohahon, hita boan nasida asa porsea tu Jesus Kristus, jala diujungna tondi na huodar i ndang be mangarajai nasida. Rupani na asing, sadarion di negaranta diulahon mamillit presiden. Taringot tu son, barane do hita marparange gabe aspotel ni Jesus di naparsidohot mamillit Presidenta? Ruapni i, hita pillit ma sian ias ni rohanta, hita pillit na boi gabe lama pabagakhon parngoluan ni sude jolma di negaranta on, ndang mamillit holan alani kepentinganta sambing. Alai ingot hita ma, saluhutna i asa boi hita ulahon, ingkon ma lam tapajonok tu Jesus naung manjou jala marsuru hita, asa tongtong didongani jala dipargogoi hita, alana tangkas do ulaon on ndang na neang, tung mansai borat do. Alai tung pe borat, porsea hita, raphon jala mardongan Jesus Kristus, sai na tolap do hita mangulahon saluhutnai. Amen.

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Selasa 7 Juli 2009
Kej 32:22-32 ; Mat 9:32-38

“Jadi sai mardalani do Jesus mangaliati angka huta ro di angka sosor, mangajari di angka parguruannasida, manurasihon barita na uli taringot tu Harajaon i; dipamalum do nasa sahit dohot tihasnasida.” ( Mat 9:35 )

Di tingki ngolu ni Jesus di portibi on, sai na mardalani do Jesus mambaritahon harajaon ni Debata, mamboan silasniroha, jala pamalumhon angka na marsahit. Jala didiape Jesus, sai na ro do halak laho manangihon Ibana jala mangido pangurupion sian Jesus. Tangkas ma tutu, Jesus i siboan dame dohot silas ni roha.
Di zaman nuaeng on, godang do jolma manghirim asa manghilala songon na binahen ni Jesus. Godang muse do jolma na sungkun-sungkun, ima na tong dope mangula Jesus di ngolu nuaeng on? Ganggu ni haporseaon ni angka dongan i lam tamba alana mangida ngolu ni angka halak Kristen sonari on tung mansai dao sian aha na diajarhon Jesus Kristus. Molo tung masape songon i, unang pola loja hita laho mangalusi na mangula dope Jesus di ngolu nuaeng on, alai hita alusi mai marhite na mangulahon angka naung diajarhon Jesus Kristus. Hita halak Kristen ma na ingkon manorushon aha naung binahen ni Jesus i. Hakristenonta ingkon ma mamboan silasniroha, mamboan dame didiape jala sadihari pe hita mangolu. Angka dongan ingkon boi manghilala holong ni Jesus tu nasida marhite pambahenanta dohot hadirionta. On ma ngolu hakristenon. Ngolu hakristenon, ndang holan na margareja manang martangiang di Gareja, alai hakristenon i mangolu di ngolu siganup ari.

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN BAHASA TOBA:
Senin 6 Juli 2009
Kej 28: 10-22a ; Mat 9:18-26

“Nanggo pala ulosna hujama, mangolu ma ahu.” (Mat 9:21)


Ngolu na nuaeng tung mansai borat. Sipata alani dihilala paboratho, olo do gabe tubu pingkiran, na olo dope Jesus i manangihon tangianta jala mangurupi jolma? Jala nunga hurang be haporseaon ni jolma tu Jesus di masa nuaeng on. Molo tung mansai borat dihilala sitaonon i, godang do jolma i mangalului pelarian, adong mai pelarian tu minum-minum manang martenggen, adong na holan na muruk, jala ndang saotik na lari tu narkoba. Molo nunga i diulahon, ndang na gabe salpu manang boi sae parsoalan i, alai gabe lam borat jala lam hasusaan no na ro.Sadari on di Barita Nauli hita tangihon, didok adong sada na sangap rot u Jesus mangido asa dipangolu boruna na baru pe mate. Adong muse sahalak boru-boru naung 12 taon marsahit. Tangkas halak na dua on tung manaon sitaonon na tung mansai borat. Dinamangadopi na borat i, nasida nadua ro tu Jesus mangido pangurupion, porsea nasida sai naurupan ni Jesus do nasida, jala toho diurupi Jesus do nasida i. Apalagi si boru-boru i, tung mansai balga haporseaonna tu Jesus. Porsea ibana, ndang pola ingkon dijama Jesus ibana, ai ninna rohana holan dijama ibana ujung ni ulos ni Jesus, sai na malum do ibana. Dibaheni, marhite halak na dua on mangajari hita, asa ro ita tu Jesus tarlumobi di tingki adong sitaonon na borat. Pos rohanta jala porseama hita songon haporseaon tarlumobi boru-boru i, ima holan ro hita di bagasan haporeaon nag ok tu Jesus, sai na tangihononNa do hita, ai dibot Debata do aha na dumenggan di hita jala sai na patupaonNa do angka na denggan di hita.


CARA PASANG KALENDER LITURGI KATOLIK

BERBAGI PENGALAMAN dan SUKA CITA


Cara atau Program ini jelas bukan dari kami, tetapi asli dari http://www.imankatolik.or.id/.
Kami hanya mau berbagi pengalaman saja. Bagian ini kami buat karena dari pengalaman kami yang baru membuat situs paroki, ketika mengunjungi situs paroki-paroki lain kami melihat adanya kalender Liturgi Harian dan kami sangat ingin menampilkannya di blog paroki. Untuk itu kami yang baru belajar sendiri dan sama sekali awam dalam hal program internet, berusaha mencari dengan bantuan Ggoogle. Baru setelah beberapa lama kami berusaha mencari, akhirnya kami menemukannya dan mencoba langsung. Sungguh gembira sekali rasanya ketika sudah berhasil, rasanya situs paroki kuranglah lengkap bila tidak menampilkan Kalender Liturgi Harian. Oleh karena itu, terima kasih banyak kami ucapkan kepada pihak http://www.imankatolik.or.id/.
Dari pengalaman kami tersebut, maka kami hendak berbagi dengan Situs paroki lain yang mungkin juga seperti kami ingin memasang Kalender Liturgi Harian, tetapi tidak tahu caranya. Oleh karena itu, atas seijin pihak mereka sebagaimana dituliskan dalam bagian bawah, Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/, maka kami ingin berbagi pengalaman. Jadi ini kami buat murni untuk berbagi pengalaman, saling membantu dan sesama Situs Gereja Katolik atau siapa saja umat Katolik yang ingin memasang kalender Liturgi di Situsnya yang tentunya berisikan hal Rohani.
Atas dasar itulah kami mecoba membagikannya. Namun dengan rendah hati kami katakan bahwa kami buta dalam memuat cara tersebut dalam blogspot, maka kami hanya mampu memberitahukan kepada para Saudara Link di mana Para Saudara dapat mencari kode-kode HTML-nya.
1. Untuk Blogspot dapat kita temukan di
2. Untuk Wordpress:
3. Untuk Multiply:
http://www.imankatolik.or.id/share_kalender_code_MP.html
Selamat mencoba. Sekali lagi kita berterima kasih kepada pihak http://www.imankatolik.or.id/. Semoga dengan memuat Kelender Liturgi di Website kita, Sabda Allah semakin dicintai dan semakin diyahati oleh umat Katolik maupun umat kristiani.

VISITOR

free counters

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites